Thursday, March 30, 2023

TERNAK DOMBA TEXEL UNTUK PEMASARAN - Situbondo Jawa Timur

Domba texel merupakan jenis domba pedaging yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Bukan main, bobot Texel dewasa bisa mencapai 100 kilogram per ekor. Jika betina tidak dalam keadaan hamil, berat badannya bisa mencapai 90 kg. Maka tak ayal, Texel kini menjadi primadona beef lamb. Texel berasal dari Pulau Texel di Belanda Pada tahun 1950-an, Texel dapat berdiri sendiri di Indonesia. Domba yang satu ini dikenal dengan nama lokal diantaranya adalah nama Dombos (Domba Wonosobo). Nama tersebut dipilih karena 500 Texels menunjukkan perkembangan yang mengesankan setelah mereka masuk ke Indonesia pada era 1950-an. Bahkan sampai saat ini Wonosobo merupakan sentra terpenting Texel sebagai penghasil daging domba berstandar internasional.

 

Banyak peternakan menawarkan benih domba Texel, baik untuk individu maupun untuk mitra ternak lainnya. Dengan sistem yang masif seperti ini, perkembangan Texel diharapkan akan semakin cepat dalam beberapa tahun ke depan. Kabar baiknya, Texel tidak hanya memanfaatkan dagingnya saja. Permintaan pasar untuk produk yang terbuat dari breed ini tidak hanya daging, tetapi juga wol dan persilangan. Oleh karena itu, pemasaran texel sangat luas dan dapat diterapkan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi yang maksimal.

 

Cara dan Tips Texel Sheep Terbukti Sukses

 

Sebenarnya, ada banyak hal penting yang harus Anda terapkan di peternakan Anda untuk memastikan keberhasilan budidaya texel. Pada akhirnya, ada lima elemen utama yang harus terus Anda kerjakan. Misalnya dalam memilih breeder texel breeder yang memilih breeder harus memperhatikan kualitas baik fisik maupun genetik. Untuk lebih detailnya, kita akan membahas bagaimana cara beternak domba Texel serta proses budidayanya hingga mencapai kesuksesan dalam pemasarannya.

 

1. Pemilihan Peternak untuk Peternakan

Untuk memantapkan fondasi untuk suatu operasi, pastikan untuk memiliki domba Texel unggul yang berkualitas baik. Alasan di balik ini adalah bahwa induk menentukan bagaimana kinerja anakan selanjutnya di F1, F2, F3, dan seterusnya. Jadi, pemilihan indukan harus diperhatikan secara selektif.

 

Ciri-ciri yang membentuk ciri-ciri breeder texel antara lain sebagai berikut :

 

a) Badan besar, lebar, panjang, dan simetris di kedua sisi kiri dan kanan.

B) Selaput mata tidak tampak pucat, warna mata cerah dan jernih.

C) Tubuh tidak gemuk berlebihan. Domba yang terlalu gemuk serta menggumpal dan tidak wajar sering mengalami cacat genetik.

d) Tidak ada cacat fisik, pada atribut induk Texel ini, yang dapat Anda amati secara kasat mata. Misalnya tidak pincang, tidak buta, tidak bisu, dan sebagainya.

(e) Lubang hidung tampak lembap (tidak terlalu berair dan tentunya tidak kering).

f) Untuk domba texel jantan bentuk testis normal. Tonjolan yang terlihat pada kaki lebih menonjol atau lebih besar saat kita menekannya.

g) Jika Anda melihat Texel betina, ambingnya normal dan juga besar. Selain itu, jumlah puting susu telah ditetapkan, aktif (ini sangat penting untuk memastikan keturunannya juga sehat).

H) Umur indukan harus minimal satu tahun atau lebih. Guna memastikan matangnya unsur fisik dan psikis untuk memberikan keturunan yang terbaik.

 

Jika anda sedang mencari indukan yang berjenis kelamin betina dan jantan bisa berkonsultasi langsung dengan penjualnya. Temukan penjual dalam bentuk seperti petani yang kompeten, ramah, dan memberikan layanan terbaik.

 

2. Faktor Kandang Harus Nyaman

Kandang domba harus nyaman, sehingga tidak berdampak buruk pada sisi psikologis hewan. Adalah umum bagi peternak untuk melebih-lebihkan pentingnya kandang meskipun kandang merupakan faktor penting yang sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan domba.

 

Intinya, kandang yang didesain untuk domba bakalan yang berumur tidak lebih dari 9 bulan bisa ditempatkan di kandang komunal. Satu kandang dapat menampung hingga lima dan 10 hewan sesuai dengan ukuran kandang. Jika mereka menjadi dewasa, Anda dapat memindahkan domba ke kandang terpisah. Pastikan domba Anda dapat terus bergerak bebas, berputar, tidur, dan semacamnya. Pada intinya desain yang Anda gunakan untuk kandang panggung atau sangkar tanah harus memperhatikan aspek kenyamanan ini.

 

Ciri-ciri kandang yang sehat dan nyaman antara lain:

 

A) Rapi dan tidak ada kotoran atau kotoran yang menumpuk selama beberapa waktu.

B) Cukup terang, bukan berarti kandang dalam ruangan tertutup rapat agar sinar matahari tidak masuk.

C) Naungan, tetapi tidak panas, meskipun membutuhkan sinar matahari untuk masuk, tetapi pastikan suhunya tidak terlalu panas agar domba merasa nyaman.

D) Posisi membutuhkan setidaknya 5 meter dari rumah.

 

Saat membuat pagar untuk domba, perhatikan jarak yang dibutuhkan antara kandang dari tanah. Jarak tipikal sekitar 70 sentimeter. Sedangkan atap bagian atas bagian depan rumah lebih tinggi dari atap bagian belakang sehingga hujan dan embun dapat turun dengan lancar.

 

3. Persilangan dengan Domba Fullblood

Jika kamu Nama betina anda Texel, maka anda bisa mengawinkan domba jantan fullblood dan mendapatkan anak ayam yang berkualitas baik. super. Sebagai contoh, ambil domba The Dorper, yang terkenal dengan dagingnya yang luar biasa.

 

Pendekatan persilangan atau persilangan domba ini merupakan hal yang paling penting dalam mempertahankan atau meningkatkan kualitas genetik suatu breed. Peternakan akan memungkinkan Anda menjelajahi breed lain yang bagus untuk membuat daging atau fokus pada manfaat genetik tertentu. Di pasaran, domba Texel yang bunting dan memiliki domba Dorper fullblood akan memiliki harga yang lebih tinggi. Seringkali, setelah kehamilan pertama, anak domba dapat menghasilkan 1 anak, sedangkan pada kelahiran kedua dan berikutnya, mungkin melebihi itu.

 

Apa yang bisa Anda harapkan ketika Anda mencapai persilangan ini?

 

A) Anda bisa mendapatkan persilangan yang memiliki pertumbuhan cepat. Dalam kondisi normal (tidak dimodifikasi secara genetik sebagai ayam pedaging), peternakan Anda berpotensi memanen lebih banyak domba dengan kecepatan lebih cepat.

b) Lebih tahan lama, artinya tidak mudah sakit. Jika domba Texel mudah terserang penyakit, maka tentu saja perkembangannya terganggu. Sebaliknya peternak perlu lebih fokus pada hal itu.

C) Daging berkualitas tinggi yang bebas lemak. Daging jenis ini adalah target pasar luar negeri.

 

4. Pemilihan Pakan yang Tepat

Sebagai domba pedaging, perhatikan pemberian makan Texel. Anda harus memastikan bahwa pakan tersebut kaya akan kandungan serat yang cukup, terutama sumber serat alami seperti rumput. Saat Anda memelihara domba di kandang komunal, Anda bisa menambahkan pakan konsentrat khusus untuk pertumbuhan domba. Beberapa saran umpan yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan tingkat pertumbuhan Texel antara lain sebagai berikut:

 

A) Hijauan yang dapat Anda berikan kepada domba pada tingkat 10 persen dari beratnya. Frekuensi pemberian pakan tergantung dari rutinitas kebiasaan pribadi peternak biasanya 2 kali sehari.

b) Pakan fortifikasi khusus untuk indukan laktasi dan siap mengawini jantan, domba, dan domba yang hampir gemuk. Jenis pakan yang bersifat fortifikasi bisa dibuat dari bekatul, bungkil kelapa, kacang-kacangan dan lain-lain.

c) Garam dan suplemen makanan khusus domba potong untuk memberikan mineral selama pertumbuhannya.

 

Pakan fermentasi bisa menjadi salah satu alternatif untuk menurunkan harga produksi pakan domba. Namun, saat memfermentasi pakan, Anda harus membiasakan diri dengan domba terlebih dahulu. Perubahan mendadak dari pakan utama ke pakan fermentasi ternyata bisa membuat domba tidak mau mengkonsumsinya.

 

5. Penjualan Produk Peternakan (Daging dan Domba)

Penjualan domba Texel dapat berupa hasil produksinya berupa daging atau penjualan bibit yang telah dipelihara. Metode penjualan yang paling efektif dapat meningkatkan jumlah penjualan. Oleh karena itu, ada aliran ekonomi dalam peternakan yang tentunya akan membawa keuntungan ekonomi bagi peternak.

 

Berikut ini adalah saran untuk menjual domba yang ditetapkan untuk menghasilkan keuntungan di peternakan Anda.

 

A) Menjual domba di pasar hewan. Cara ini dalam jual beli domba paling umum digunakan dan konvensional. Pembeli dapat ditemukan langsung dalam hitungan menit. Jangkauannya juga terbatas biasanya, hanya yang berasal dari satu wilayah.

b) Mendistribusikan brosur untuk periklanan offline. Pasalnya, potensi texel sebagai domba berbahan dasar daging kerap dimanfaatkan sebagai hewan kurban. Oleh karena itu, tempat yang baik untuk tujuan ini adalah menyebarkan brosur di masjid, restoran, dan tempat umum lainnya.

c) Memanfaatkan media sosial dan platform perpesanan. Media sosial adalah cara terbaik untuk memperluas jangkauan hubungan pemasaran domba Texel. Anda bisa memperkenalkan peternakan dan peternakan melalui media sosial seperti Instagram, WhatsApp, Facebook, Twitter, TikTok, dan YouTube.

d) Pemasangan produk peternakan di website dan marketplace. Ini adalah metode kontemporer yang memiliki banyak potensi di masa depan. Karena marketplace dan website tidak bisa dirusak oleh berlalunya waktu. Sebenarnya, semakin tua usia Anda, semakin tinggi prioritas yang Anda dapatkan dari mesin pencari.

 

Jual Domba Texel Kepada Mitra Yang Tepat

 

Banyak peminat hewan Texel, dewasa dan ibu hamil saat ini. Bersamaan dengan pemasaran melalui berbagai saluran yang memanfaatkan kemajuan teknologi informasi, dimungkinkan untuk bekerja sebagai mitra dengan peternakan lain, seperti GibasBarokah.com. Beginilah cara Anda menciptakan kemitraan yang saling menguntungkan, dan Andalah yang menentukan berapa nilai pasar untuk produk ternak domba Anda. Tentu saja, harga harus masuk akal dengan mempertimbangkan karakteristik fisik dan genetik dari domba itu sendiri. Jika sehat dan berkualitas tinggi, itu akan mendapatkan harga yang bagus. Begitu juga sebaliknya, jika kondisinya tidak bagus, bahkan harapan untuk breed berikutnya sangat sulit, harganya bisa lebih murah dari pasar saat ini.

 

Oleh karena itu, melakukan peningkatan kualitas semua hewan di peternakan sangatlah penting. Ini akan menentukan harga jual di pasar nanti. Untuk meningkatkan kualitas produk dan kualitas tinggi ternak, Anda dapat berkembang biak dengan domba fullblood terbukti dengan kualitas terbaik. Membawa domba fullblood adalah aset investasi yang bagus. Seekor domba jantan dapat kawin antara 25 dan 25 wanita. Sisi genetik domba jantanlah yang menentukan kualitas breed di peternakan, apakah hasil meningkat atau tidak. Berikut beberapa tips bermanfaat beternak domba Texel sebagai jenis daging yang banyak dicari di Indonesia. Harga jual belinya cukup stabil, artinya para peternak tidak ragu untuk mengembangbiakkan domba jenis ini. Semoga peternakan mendapatkan yang terbaik di seluruh Indonesia!

 

#dombatexel #texel #hargadombatexel #texelwonosobo #texeljantan #dombos #dormas #jualtexel

No comments:

Post a Comment

Pengertian dan Contoh Sandiwara

Halo Pembaca! Apakah Anda pernah mendengar istilah "sandiwwara"? Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan kata tersebut. Sandiwara...